Senin, 20 April 2015

Tugas Softskill 2 Diner Dash

Nama : Dewi Permata Sari
NPM : 51412956
Kelas : 3IA25
Tugas Softskill 2

Diner Dash 


Ø  Sejarah Diner Dash





Diner Dash adalah video game strategi dan permainan manajemen waktu yang  dikembangkan oleh NewYork City berbasis permainan Amerika pembangunan studio GameLab dan diterbitkan oleh PlayFirst berbasis di San Francisco. Sekarang dimiliki dan diterbitkan oleh PlayFirst. Ini adalah salah satu dari top-selling download game sepanjang masa,tersedia dalam berbagai platform seperti PC, Mac, konsol, dan mobile.

Sebuah Xbox Arcade versi Live dari permainan ini dirilis oleh Hudson Lunak pada 18 November 2009, Jaringan PlayStation versi pada tanggal 25 November 2009, versi WiiWare pada 16 Februari 2010 di Jepang, serta Eropa pada tanggal 26 Maret 2010 dan Amerika Utara pada tanggal 29 Maret 2010, tetapi versi ini tidak lagi pada layanan WiiWare Diner Dash kemudian menjadi sebuah game mobile saat porting ke ponsel oleh Glu Mobile, diberi rilis ritel,. dan tersedia melalui 100% iklan-didukung download. Versi telah dibuat untuk platform PlayStation Portable, Nintendo DS, dan iOS.

Diner Dash juga digunakan untuk merujuk ke waralaba Diner Dash, yang telah melahirkan banyak sekuel - Diner Dash 2: Rescue Restaurant dirilis pada awal tahun 2006, Diner Dash: Flo on the Go dirilis pada akhir tahun 2006, Diner Dash: Hometown Hero adalah dirilis pada akhir 2007, dan Diner Dash 5: BOOM! dirilis pada awal 2010

Ø  Diner dash termasuk jenis Casual games
Sesuai namanya, game yang casual itu tidak kompleks, mainnya rileks dan sangat mudah untuk dipelajari ( bahkan cenderung langsung bisa dimainkan ). Jenis ini biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang standar pada jamannya dan ukurannya tidak lebih dari 100 MB karena biasanya dapat di download versi demo-nya di website resminya. Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.


Ø  CERITA DARI GAME DINNER DASH




                         

Flo adalah seorang pekerja keras di sebuah perusahaan besar di pasar saham Dinertown. Dia lelah melakukan semua pekerjaan dan merasa terpenuhi. Flo berhenti dari pekerjaannya, berharap dia bisa bekerja di tempat lain. Dia melihat sebuah lari ke restoran tua, yang ia beli. Dia harus membuat uang yang cukup untuk memperbaiki restoran. Kemudian setelah mendapatkan pembiayaan lebih, ia membuka sebuah restoran baru yang disebut Flo Tiki Palace, ketika penghasilan yang cukup ia kemudian membuka restoran pantai disebut Pergi dengan Makan Seafood Flo, ketika selesai di tepi pantai ia membuka sebuah restoran baru yang memukau dalam pembukaan gelap pohon disebut Chez Flo.
Setelah memiliki intuisi bahwa sesuatu yang istimewa akan terjadi Flo selesai di Chez Flo dan segera dibawa di atas awan di mana Dewi Shiva menyambut dia dan menantang dia untuk 10 percobaan dalam restoran sendiri, restoran India. Dewi mengubah Flo menjadi dewi perjamuan emas dengan 4 lengan (yang memungkinkan dirinya untuk membawa dua kali lipat jumlah sebelumnya dia bisa), Flo melengkapi 10 percobaan melelahkan dan mengucapkan selamat oleh dewi untuk menyelesaikan persidangan. Dewi kemudian terbang pergi ke restoran India dan Flo bintik pemuda bekerja di bawah pekerjaan bisnis yang sama Flo punya pada awal cerita dan bersiap untuk terbang ke berniat mengubahnya menjadi seorang pelayan seperti dia.


Gameplay melibatkan pelanggan duduk dan membimbing Flo sekitar restoran untuk melayani pelanggan. Jika cukup uang diperoleh setelah setiap tingkat, permainan berkembang ke yang berikutnya. Ketika permainan berlangsung Flo update restoran ia mulai dengan membangun tiga restoran lanjut yang memberikan pengaturan baru.

Gameplay pusat sekitar melayani pelanggan dalam batas waktu untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin. Flo dapat dipindahkan sekitar restoran untuk menyelesaikan tugas. Sebagai pelanggan tiba di restoran, pemain harus drag dan drop mereka ke meja, di mana mereka duduk dan membaca menu. Kemudian pemain harus membimbing Flo ke meja untuk mengambil pesanan mereka, yang harus diambil untuk menetas layanan. Setelah koki telah menyiapkan makan, Flo harus memberikan makanan. Ketika pelanggan selesai makan mereka harus mengambil cek, di titik mana pelanggan meninggalkan tip dan piring mereka di atas meja, berangkat restoran. Piring harus dibersihkan oleh Flo sebelum set berikutnya pelanggan dapat menggunakan meja. Setiap tindakan yang berhasil mendapatkan poin pemain, melakukan tindakan yang sama beberapa kali berturut-turut memperoleh pemain bonus rantai, yang rusak sekali tindakan yang berbeda dilakukan .
Pelanggan memiliki serangkaian hati di atas kepala mereka yang menunjukkan suasana hati mereka. Semakin lama pelanggan dipaksa untuk menunggu, hati semakin ia kehilangan. Setiap jenis pelanggan memiliki derajat yang berbeda kesabaran dan kebiasaan tipping. Flo dapat melakukan berbagai tindakan, seperti berbicara dengan pelanggan atau melayani mereka minuman, untuk menghidupkan kembali ini hati. Ketika pelanggan kehilangan semua hati mereka, mereka meninggalkan restoran, biaya poin pemain. Tujuan dari tingkat adalah mendapatkan sejumlah poin. Ada juga total poin ahli untuk pemain canggih untuk mencapai.
Permainan ini memiliki dua mode: modus Karir, yang mengikuti kisah Flo, dan Shift Endless, mode bertahan hidup di mana pemain harus bertahan selama mungkin di tingkat satu.
Dalam variasi Memasak Dash, pemain benar-benar mempersiapkan makanan yang bertentangan dengan membawa perintah untuk koki baginya untuk mempersiapkan itu.

Ø  CARA BERMAIN DINER DASH 

 
Dalam game ini kita memilih permainan mana yang akan kita pilih, menggunakan level atau score, di tampilan ini ada menu menu yang lainnya juga yang dapat membantu user untuk memudahkan jika menemui kesulitan.

         



Dalam game ini user melayani para pembeli dengan mengantarkannya ke meja, lalu mengambil menu dan memberikannya ke koki setelah masakannya jadi diantar ke meja dan setelah selesai user mengambil bill dan membereskan meja makan.
                     
  




Dalam hal ini user harus cepat melayani pembeli, jagan sampai mengantri banyak,karena menyebabkan berkurangnya poin nilai yang di peroleh.


                   

Jika user bisa menyelesaikan permainan dengan cepat maka user akan mendapatkan hasil kerjanya, dan dapat melanjutkan ke level yang selanjutnya.



Jika user tidak dapat menyelesaikannya, maka user harus mengulangi permainan,atau memilih option quit untuk meninggalkan permainan Dinner Dash.


Kunci untuk Diner Dash adalah Membuat dan Menjaga Pelanggan Puas, hingga mendapatkan rating hati banyak. Semakin cepat kita melayani pelanggan, mereka akan bahagia, semakin bahagia mereka, tip kita akan bertambah dan lebih besar.
1.      Ada beberapa tipe Jenis Pelanggan :

1.      Wanita muda

Order dan makan pada kecepatan moderat; Cukup pasien; kebisingan Cukup suka; tipper Rata-rata

2.      Keluarga
Order dan makan pada kecepatan moderat; Cukup pasien; bising ketika mereka sedang tidak bahagia; Apakah tidak keberatan kebisingan
3.      Ponsel Mania:  
Cepat untuk memesan dan makan; Tidak pasien; Selalu ribut; Apakah tidak keberatan kebisingan; tipper Tinggi
4.      Kutu buku
Lambat untuk memesan dan makan; Sangat pasien; Sangat suka kebisingan; tipper Rata-rata
5.      Pelari: 
Order dan makan pada kecepatan moderat, pasien Cukup, Apakah tidak keberatan kebisingan; tipper Rata-rata
6.      Pengusaha: 
Cepat untuk memesan dan makan; Tidak pasien; kebisingan Cukup suka; tipper Tinggi


Ø  Perkembangan Games Diner Dash
Minigame restoran inovatif yang sangat sukses di pasaran game. Menurut pengamatan penulis, game ini mengilhami banyak permainan dash lainnya (maksud: game yang berbasis pada urutan langkah yang harus dilakukan untuk menyenangkan pelanggan atau pembeli). Mulai dari yang juga berbasis kuniler seperti Cake Mania, sampai yang berbasis lain seperti Sally’s Salon dan Sally’s Spa. Termasuk pula pelesetan ala Spongebob Squarepants! Di permainan keluaran 2004 ini Anda memerankan Flo, seorang karyawati yang punya ide membuat usaha restoran setelah ia dipecat dari kantornya. Anda diharuskan melayani sejumlah tamu restoran dengan baik. Mulai dari mencatat menu, menyajikan makanan, sampai mengumpulkan tip dan menaruh piring sisa makan di bak cucian. Ada beberapa tipe pelanggan. Mulai dari yang nggak sabaran yaitu Business Women (yang digambarkan sebagai wanita berambut pendek dan berkulit gelap dengan pakaian kantoran) sampai yang sangat-sangat penyabar yaitu Seniors(digambarkan sebagai kakek-kakek yang berambut putih dan bertopi). Tingkat kesulitan tiap level terus meningkat. Bahkan di restoran terakhir Flo sudah bisa membawa 4 hidangan sekaligus; dan di level terakhirnya ada 83 kelompok tamu yang datang. Mencapai Expert Scoretidak terlalu sulit apabila sudah mengerti pola permainannya. Awas kalau kebanyakan main, ciri-cirinya klik mouse sering gagal. Hati-hati juga kalau Anda mulai mengalami gejala mirip-mirip carpal tunnel syndrome. Tangan kaku, pergelangan tangan sakit, dan agak kesemutan.
           -           Diner Dash 2: Restaurant Rescue
Ceritanya setelah sukses di Diner Dash, Flo menolong empat orang sahabatnya; kesemuanya memiliki restoran yang terancam bangkrut dan diambil alih oleh sebuah perusahaan raksasa milik pria berkumis (penulis sudah lupa namanya). Yang pertama adalah café, kedua restoran Italia, ketiga restoran Mexico, dan keempat restoran Oriental (Jepang). Dan yang kelima…? Coba tebak… yang sudah main sepertinya tahu. Sekilas sama saja dengan Diner Dash. Namun sekuel kali ini mengembangkan beberapa unsur kreatif seperti upgrade decor atau upgrade item di tiap awal level. Dari segi teknis, di game ini jauh lebih mudah mendapat expert scoredibanding Diner Dash pertama; namun di situlah tantangannya terasa kurang. Tapi overall, cukup oke dan masih inovatif.
           -           Diner Dash 3: Flo on The Go
Sebenarnya game ini biasa saja jika dibanding sekuel sebelumnya; karena hanya beda konsep (di sini Flo pergi berlibur dan mengelola restoran di mana-mana). Hal inovatif yang paling khas dari game ini adalah kostum Flo yang bisa diganti-ganti pola dan warnanya dengan fasilitaswardrobe. Baik itu topi, kacamata hitam, kemeja, apron, sampai sepatunya. Wardrobe ini akan di-upgrade setiap Anda berhasil menyelesaikan level-level tertentu. Adapun wardrobe merupakan ciri khas sekuel ini karena tidak pernah dimuat lagi di sekuel Diner Dash lainnya.
           -           Diner Dash Hometown Hero Gourmet Edition
Ceritanya Flo kembali dalam petualangan mengelola kedai snack di seluruh penjuru kota bersama neneknya. Mereka berniat mengembalikan keramaian kota yang telah memudar. Sampai akhirnya Flo bertemu neneknya di masa lalu dan membantu neneknya di tahun 1970-an sebagai restoran terakhir. Seperti biasa, di setiap awal level kita bisa mendapatkan upgradefasilitas. Mulai dari dekorasi sampai peralatan memasak dan sepatu. Tapi selebihnya, ide pengembangan permainan ini tidak terlalu kreatif.
           -           Parking Dash
Sekuel paling unik. Ceritanya tentang usaha teman Flo (penulis lupa namanya) dalam mengelola usaha parkiran di restoran Flo. Jadi ceritanya nih Flo membuka restoran, Anda yang memainkan tukang parkirnya. Setelah bermain di empat musim, di level terakhir si temannya Flo ini pun ikut Flo terbang ke bulan untuk membuka restoran di sana. Yang perlu Anda lakukan adalah mengatur tempat parkir berdasarkan lama atau sebentarnya si pengunjung itu parkir. Tidak sampai di situ, Anda juga harus menyesuaikan besar mobil dan luas tempat parkir yang tersedia dan kadang-kadang menyapu atau mencuci mobil. Seperti biasa ada beberapa tipe pelanggan yang perlu diperhatikan apabila mereka berbaris dalam antrian. Setiap tipe pelanggan punya mobil yang berbeda-beda sesuai kepribadian orangnya dan warna pakaiannya (lucu :D). Ada juga fasilitas upgrade items tiap kali Anda mulai level baru. Seperti sekuel-sekuel Diner Dash lainnya yang beredar setelah Diner Dash 2: Restaurant Rescue; agak sulit untuk mencapai Expert Score; khususnya di restoran keempat dan kelima. Kalau Anda mati-matian mencoba, awas mouse bisa rusak!
           -           Diner Dash yang baru di rilis 3 hari yang lalu di Play Store (21/05/2013) ini langsung mendapat sambutan hangat dari para pengguna Android. Terbukti sampai hari ini game Diner Dash sudah terdownload sebanyak ratusan ribu kali untuk yang versi freenya. Tentu saja ini disebabkan karena kepopuleran Diner Dash di versi PC sebelumnya.
Game yang menceritakan tentang perjalanan Flo sebagai pelayan restoran ini termasuk game berkategori Time Management Strategy, dimana kecepatan, ketepatan, dan kecermatan akan sangat diperhitungkan dalam mendapatkan hasil yang terbaik
Dari sisi permainan tentu game ini tidak jauh beda dengan versi PCnya malah jadi lebih menarik di Android karena kamu dapat lebih berkonsentrasi memainkannya diantara jari-jarimu. Sedangkan secara grafis, game ini juga mempunyai tampilan yang lumayan menyenangkan untuk dilihat meskipun gambarnya cuman gitu-gitu aja. Tapi ya emang begini sih tampilan dari jenis game Time Management.
Terdapat 2 versi game Diner Dash yaitu versi Free dan veris Duluxe, dimana pada versi free hanya terdapat beberapa level saja sebagai trial biar kamu tertarik buat beli ke versi duluxe yang memiliki level lebih komplit. Kalo saran saya sih mending langsung cobain versi Duluxenya aja, disamping lebih seru harganya juga lagi promo bero.. cukup 0,99 dolar aja buat dapetin game buatan PlayFirst Inc ini.

Ø  KELEBIHAN DAN KEKURANGAN  GAME DINNER DASH

Dalam game pasti ada kelebihan dan kekurangan yang didapat, dalam game Dinner dash ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut :

           -           Kelebihan :

1.      Game ini mudah di mainkan, terutama para wanita yang memainkannya, karena dibuat tidak terlalu rumit
2.      Banyak option-option yang dapat memudahkan user jika menemui kesulitan.
3.       Desain di Game ini sudah bagus, mulai dari karakter Flo, pembeli serta tata restoran pun di desain dengan bagus.

           -           Kekurangan :

1.      Terlalu banyak option-option yang membingungkan, mungkin karena tidak ada perbedaan desain di setiap optionnya.
2.      Game ini karakter Flo yang dimainkan oleh user tidak dapat bergerak cepat sigap, kadang para pembeli lama di meja makan sehingga para pembeliu baru marah, dan berdampak pada nilai.
3.      Karyawan pada flo's restaurant hanya Satu
4.      Waktu yang diberikan hanya sebentar
5.      Jika kita tidak dapat mencapai target yang telah ditentukan maka kita akan mengulangi tingkatan yang sama atau permainan berakhir



DAFTAR PUSTAKA
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar