A.
Perilaku Navigasi
pada
suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting
untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus
bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan
melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang
memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara
konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi
versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk
menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori,
pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini
sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang
lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi
beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih
keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya:
kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi
pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu
difinalisasi dengan “reviewed by S.P.D”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa
yang benar-benar dia cari.
Permasalah
dalam kaitan dengan:
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.
Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi
- Fasilitas Pencarian (Search)
B.
Perilaku Pencarian
Fitur
pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika
situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna.
Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman
terbaik dalam pemanfaatan situs.
dalam kasus seperti diatas kita ingin membandingkan 2 situs jual beli online dimana kita liat dari navigasi dan pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.
C. Rekomendasi
gambar 1.
gambar 2.
gambar diatas adalah situs jual beli online yang sangat digandrungi bagi konsumen online. pada gambar 1. dilihat navigasi bagian header(atas) terdapat kata pencarian (disini biasa pengunjung ingin mencari suatu barang yang ingin dia beli), lalu ada semua provinsi (pada tombol menu ini bisa kita mencari suatu produk yang diposting oleh penjual diberbagai daerah di indonesia), semua categori (berisikan categori produk apa saja yang ingin dicari oleh pengunjung), dibagian paling atasnya terdapat log in, daftar dan pasang iklan (untuk bagi para pengunjung yang akan menjadi member situs tersebut dan ingin memasangkan suatu iklannya).
gambar 2. tentunya berbeda dengan gambar yang diatasnya. pada gambar sebelah kanan navigasinya terlihat ketika pengunjung situs tersebut ingin mencari suatu produk, pengunjung diharuskan memelih daerah-daerah yang tercantum dibagaian depannya. misalnya ingin memilih daerah aceh, bali, dki jakarta dan lain-lain. dan dibagian pojok atas bisa memasangkan suatu iklan yang kita inginkan.
dan tentunya dibagian footer suatu situs jual beli online terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang. kesaamaan dari kedua gambar situs jual beli online terdapat gambar indonesia yang menjadikan situs jual beli tersebut hanya mengiklankan produk dalam negeri.
Ø
Web dan Perilaku sosial
A. Web merefleksikan perilaku
sosial
web pun dapat merefleksikan
perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP
address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut
menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial
seseorang, contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan
mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah
daripada counter ataupun discount - discount yang ada.
B. Web mempengaruhi perilaku
sosial
web sebagai salah satu bentuk
teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu
pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang
dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak positifnya adalah :
1. lebih cepat dan mudah dalam
meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
2. dapat berkomunikasi dengan
baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi
dengan mudah
3. mudah mencari informasi serta
berbelanja online pun dapat dilakukan
dampak negatif :
1. munculnya banyak penipu yang
memanfaatkan internet
2. adanya plagiatisme
3. munculnya pencurian/hack
4. munculnya banyak konyen-konten
dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5. bahaya kesehatan akibat
radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri
2.
Structure Web
A. Link Structure
Keuntungan struktur situs web
yang dibuat dengan baik :
Dapat mengkomunikasikan pesan yang
ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
Pengguna situs web dapat dengan
mudah memahami situs web.
Mudah untuk dikembangkan pada
waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika
diperlukan.
Dapat menurunkan biaya cost
pengunjung situs .
Struktur Situs Web :
Struktur Linear
Struktur Grid
Struktur Hierarki
Struktur Linear :
Struktur linear murni
Struktur linear dengan halaman
tambahan
Struktur linear dengan halaman
pilihan
Struktur linear dengan halaman
alternatif
B. Small – World Network
Small World Network adalah sebuah
tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan
dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau
setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan
sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak
(jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma
dari jumlah node N dalam jaringan, yaitu:
Dalam konteks jaringan sosial,
hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal)
yang dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak grafik empiris dengan baik
dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan sosial, konektivitas internet,
wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua karakteristik small world
network.
C. Social network sites
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk
dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin
dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman,
keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
D. Blogosphere
Blogosphere adalah sebuah laman web yang kemasukan-kemasukannya ditulis menurut urutan kronologi dan dipaparkan dengan tertib terbalik.
Blog memberikan ulasan atau berita mengenai sesuatu tajuk, umpamanya makanan, politik, atau berita tempatan, dengan sesetengah blog berperanan lebih sebagai buku harian peribadi dalam talian. Blog yang tipikal menggabungan teks, imej, dan pautan ke dalam blog, laman web, dan media lain yang berkaitan dengan topiknya. Keupayaan para pembaca untuk meninggalkan ulasan mereka dalam format interaktif merupakan ciri yang utama untuk banyak blog. Kebanyakan blog umumnya adalah blog teks, walaupun sesetengahnya bertumpu pada gambar foto (blog foto), video (vlog), musik (blog MP3), atau audio (podcasting), dan merupakan sebahagian rangkaian media sosial yang lebih luas.
Istilah "blog" merupakan kata lakur untuk perkataan "web" dan "log" (Web log). "Blog" juga boleh digunakan sebagai kata kerja yang membawa pengertian "untuk memeliharakan atau menambahkan isi kandungan ke dalam blog."
Pada bulan Nov 2007, Technorati, enjin carian blog, sedang menjejaki melebihi 120 juta blog, meningkat dua kali ganda sejak awal Januari 2007.
Blogosphere adalah sebuah laman web yang kemasukan-kemasukannya ditulis menurut urutan kronologi dan dipaparkan dengan tertib terbalik.
Blog memberikan ulasan atau berita mengenai sesuatu tajuk, umpamanya makanan, politik, atau berita tempatan, dengan sesetengah blog berperanan lebih sebagai buku harian peribadi dalam talian. Blog yang tipikal menggabungan teks, imej, dan pautan ke dalam blog, laman web, dan media lain yang berkaitan dengan topiknya. Keupayaan para pembaca untuk meninggalkan ulasan mereka dalam format interaktif merupakan ciri yang utama untuk banyak blog. Kebanyakan blog umumnya adalah blog teks, walaupun sesetengahnya bertumpu pada gambar foto (blog foto), video (vlog), musik (blog MP3), atau audio (podcasting), dan merupakan sebahagian rangkaian media sosial yang lebih luas.
Istilah "blog" merupakan kata lakur untuk perkataan "web" dan "log" (Web log). "Blog" juga boleh digunakan sebagai kata kerja yang membawa pengertian "untuk memeliharakan atau menambahkan isi kandungan ke dalam blog."
Pada bulan Nov 2007, Technorati, enjin carian blog, sedang menjejaki melebihi 120 juta blog, meningkat dua kali ganda sejak awal Januari 2007.
3. Analisis Web
A .Pengukuran Web
Di
bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk mengeukur website dari segi
kecepatan akses dan performanya, serta mengukut banyaknya pengunjung suatu
website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk
mengukur kecepatan akses website.
1. Pingdom Tools merupakan sebuah alat ukur kecepatan website
dapat di akses, nilai dari sebuah website, dan berapa ukuran dari sebuah
website tersebut.
Beberapa kelebihannya di kategorikan sebagai
berikut :
Performance
Grade : melihat nilai kecepatan performa halaman web, dari akses DNS,
browser cache, combine external css dan lain-lain.
Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.
History : melihat detail akses dari beberapa hari lalu.
Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.
History : melihat detail akses dari beberapa hari lalu.
Kekurangan
yang terdapat pada tools ini, sama seperti tools alat ukur akses web pada
umumnya yaitu Membutuhkan akses internet yang stabil, karena tidak mungkin
kita bisa mengukur kecepatan akses suatu website kalau akses internet kita
terhadap website tersebut tidak stabil/berjalan dengan baik.
2. GTmetrix adalah website untuk menganalisa kecepatan web
yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page
speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan
hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan
GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar
sebagai anggota maka dapat:
-
Melihat tes sebelumnya untuk
membandingkan hasilnya
-
Menjadwalkan cek website secara
otomatis
-
Menyimpan laporan
-
Memilih hasil laporan untuk
ditampilkan kepublic atau tidak
Kelebihan GTmetrix :
-
Dapat menggunakan google page
speed dan YSLOW sebagai analyze engine
-
Dapat membandingkan beberapa URL
sekaligus
-
Menjadwalkan cek website secara
otomatis
-
Dapat menyimpan laporan
-
Memilih hasil laporan untuk
ditampilkan kepublic atau tidak.
Kekurangan GTmetrix :
-
Jika menggunakan GTmetrix harus
menggunakan internet yang cepat.
3. Alexa Rank
Alexa
Internet, Inc. adalah perusahaan yang berbasis di California yang
mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung
suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh
Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan
peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah
alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika
Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan
lebih rendah alexa rank.
Kelemahan Alexa:
1.
Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di
browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa
akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
2.
Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP
(Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi
oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi
oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh
nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam
menentukan nilai sebuah web) .
Kelebihan Alexa :
1.
Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang
dibandingkan dengan web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan
masih banyak lagi.
2.
Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita
untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic 3.Data pengunjung akan
menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh
pengunjun – pengunjung website kita 4.Data clickstream akan menampilkan kepada
kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program
keanggotaan dan kemitraan.
Apa Saja Tools Analisis Web ?
Pada artikel ini, kita perlu analisa
website atau blog dengan layanan online untuk memeriksa detail informasi
“accessibility” dari website/blog anda. Dibawah ini, ada 8 Tool Analisa Web
yang dapat membantu anda untuk analisis website dengan memberikan informasi
detail dari segi “accessibility” dan desain. Semua tool online dibawah ini,
gratis dan sangat mudah untuk digunakan :
1.
Color Blindness Simulator
Colour Blindness Simulator, dapat membantu anda untuk
memeriksa bagaimana aspek gambar dan pewarnaan (color) dari website/blog. Anda
juga dapat dengan cepat upload file gambar (JPEG) dengan resolusi
1000x1000px dan analisa aspek pewarnaan halaman website anda.
2.
Juicy Studios Image Analyzer
Dengan tool online ini, kita
dapat menganalisa masalah setiap gambar yang ada pada halaman website. Tool ini
juga, dapat menginformasikan detail informasi width, height, alt,
dan longdesc, makanya tool website - Image Analyzer merupakan salah satu
tool analisa website terbaik.
3.
Firefox Accessibility Extension
Jika anda termasuk pengguna web
browser Firefox, maka Add-ons Friefox ini sangat penting karena dengan Add-ons
ini, anda dapat aktifkan setiap element desain dari halaman website. Anda dapat
dengan cepat buat daftar gambar dan element yang lain. Add-ons ini juga
disertakan dengan standar validasi “W3C HTML Validator” .
4.
Test and Improve Readability
Tool Online gratis dengan fitur
untuk testing dan meningkatkan konten website anda.
5.
LinkPatch
“Broken link” membuat
halaman webstie.blog dan yang lain menjadi tidak dapat diakses, hal ini adalah
yang terpenting selain faktor SEO, tapi dengan tool seperti LinkPatch, untuk
cek “broken link” dari semua URL yang anda inginkan. Dengan LinkPatch, anda
dapat install kode tracking dalam hitungan detik dengan fitur monitoring.
6.
WAVE
WAVE merupakan tool interaktif
yang menunjukkan tingkat kunjungan dari website dengan 3 cara yang berbeda:
“Errors, Features, and Alerts”, “Structure/Order”, dan Text-Only”.
7.
AccessColor
Tes AccessColor kontras warna dan
“color brightness” antara bagian depan dan belakang dari semua element DOM.
AccessColor akan menemukan kombinasi warna yang relevan dengan dokumen HTML dan
CSS.
8.
aDesigner
aDesigner adalah simulator yang membantu
desainer untuk memastikan konten dan aplikasinya diakses. aDesigner juga
membantu user untuk cek aksesbility dokumen ODF dan Flash.
B. CLAWLERS
Crawler
bertugas untuk mengindeks, membuat rangking, menyusun dan menata halaman dalam
bentuk indeks terstruktur agar bisa dicari dalam waktu yang sangat cepat.
Obyek dari crawler adalah isi halaman, file, folder dan direktori web, sedangkan subyek dari robots.txt adalah mesin pencari/search engine crawler.
Crawler ini penting dipahami untuk SEO. Crawler akan berhadapan dengan robotsg.txt yang akan memandu mesin pencari/search engine seperti google, yahoo dan bing untuk mengindeks sebuat blog atau website, sehingga crawler akan tahu mana halaman, folder atau file yang boleh diindeks atau tidak, semakin lengkap sebuah panduan dalam robots.txt akan lebih baik, dengan demikian robot crawler akan dengan cepat mengindeks isi website, kebanyakan halaman situs berisi link ke halaman lain. Sebuah spider dapat memulai dari manapun, apabila ia melihat sebuah link kepada halaman lain, maka ia akan segera menuju ke sana dan mengambilnya. Search engine seperti Alta vista mempunyai banyak spider yang bekerja secara pararel. Sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan javascript pada menu utama, gunakanlah tag noscript, hyal ini dikarenakan javascript tidak bisa diambil oleh spider untuk search engine, dan semua link yang mengandung javascript akan ditolak sebagai halaman teks.
Obyek dari crawler adalah isi halaman, file, folder dan direktori web, sedangkan subyek dari robots.txt adalah mesin pencari/search engine crawler.
Crawler ini penting dipahami untuk SEO. Crawler akan berhadapan dengan robotsg.txt yang akan memandu mesin pencari/search engine seperti google, yahoo dan bing untuk mengindeks sebuat blog atau website, sehingga crawler akan tahu mana halaman, folder atau file yang boleh diindeks atau tidak, semakin lengkap sebuah panduan dalam robots.txt akan lebih baik, dengan demikian robot crawler akan dengan cepat mengindeks isi website, kebanyakan halaman situs berisi link ke halaman lain. Sebuah spider dapat memulai dari manapun, apabila ia melihat sebuah link kepada halaman lain, maka ia akan segera menuju ke sana dan mengambilnya. Search engine seperti Alta vista mempunyai banyak spider yang bekerja secara pararel. Sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan javascript pada menu utama, gunakanlah tag noscript, hyal ini dikarenakan javascript tidak bisa diambil oleh spider untuk search engine, dan semua link yang mengandung javascript akan ditolak sebagai halaman teks.
Cara Kerja Crawler ?
Pertama robot mengumpulkan
informasi pada halaman blog/web dan semua media internet yg bisa diindeks oleh
search engine. Robot tersebut kemudian membawa informasi yg didapatnya ke data
center. Di data center, data tersebut kemudian di oleh sedemikian rupa, apabila
memenuhi persyaratan, maka dia akan dimasukkan ke dalam indeks.
Nah, proses yg dilakukan oleh
user search engine adalah memanggil indeks-indeks tersebut, apabila indeks2
memiliki kesesuaian dengan yg dicari user (dan bila memiliki peringkat yg
baik), di akan ditampilkan di halaman utama search engine (berperingkat).
Bagaimana Cara Agar Website/Blog masuk dalam Crawler ?
Membuat sitemap dan atau daftar isi
Sitemap (peta situs) blog berfungsi membantu search engine bot menjelajahi,
menemukan dan mengindeks konten blog kita. Jika blog anda berplatform
wordpress.org, cara paling mudah membuat sitemap adalah dengan memasang plugin
bernama Google XML sitemaps. Sitemap sebenarnya hampir sama dengan halaman
daftar isi yang sering kita buat di blog, hanya sitemap berisi kode-kode HTML
yang dibaca oleh bot, sedangkan daftar isi untuk dibaca oleh manusia. Jika anda
ingin sitemap yang juga berfungsi sebagai daftar isi, gunakan plugin bernama
Dagon Sitemap Generator. Beberapa themes seperti GoBlog Themes sudah menyediakan
sitemap secara default seperti ini: Sitemap.
Mendaftarkan sitemap di Google Webmaster Tools
Sitemap blog anda
perlu didaftarkan di Google Webmaster Tools. Google webmaster sendiri penting
diikuti oleh semua pemilik blog agar anda dapat menganalisa semua data yang
berkenaan dengan blog anda. Melalui uji sitemap, kita bisa mengetahui konten
mana di blog yang belum terindeks Google. Daftarkan dulu blog anda di Google
Webmaster Tools.
C . Search Engines
Mesin
pencari (search engine) adalah salah satu program komputer yang di rancang
khusus untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam
computer, misalnya dalam sebuah web server umum di web (www) atau komputer
sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan
criteria yang spesifik ( biasanya berisikan prase atau kata yang kita inginkan)
dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut.
Apa saja search engine yang ada :
Berikut uraian
singkat mengenai mesin pencari yang cukup populer, seperti Yahoo!, Alltheweb,
MSN, AskJeeves, Google, AltaVista, dan Lycos.
Yahoo!
(http://www.yahoo.com)
Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.
MSN
(http://search.msn.com)
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
Google:
(http://www.google.com)
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
Apa
perbedaan Serach Engine yang ada ?
Ada
banyak sekali contoh perbedaan search engine, disini hanya akan ada beberapa
yang saya jelaskan. Sebagai contoh, untuk Yahoo! dan Bing, On Page Keyword merupakan faktor yang paling
penting, sedangkan untuk Google, Link-lah yang merupakan faktor yang
sangat penting.
Selain itu, halaman website untuk
Google adalah seperti wine – semakin tua umurnya, semakin bagus
peringkatnya. Sedangkan untuk Yahoo! biasanya tidak mementingkan hal tersebut.
Maka dari itulah, anda memerlukan waktu yang lebih banyak untuk membuat website
anda matang untuk berada di peringkat atas di Google, daripada di Yahoo!.
Cara Kerja Search Engine
Mesin
pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tertang banyak halaman web,
yang diambil secara langsung dari www. Halaman ini di ambil dengan web
crawler-browsewr web yang otomatis mengikuti setiap pranala yang di lihatnya.
Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya
(misalnya kata-kata di ambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang di
sebut meta tag ).
Data
tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk di gunakan
dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari seperti Google, menyimpan
seluruh atau sebagian halaman sumber ( yang di sebut cache) maupun informasi
tentang halaman web itu sendiri. Ketika seorang pengguna menggunakan mesin
pencari dan memasukin query, biasanya dengan memasukan kata kunci, mesin
mencari akan mengindeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai
dengan kriterianya. Daftar ini biasanya di sertai ringkasan singkat mengenai
judul dokumen dan terkadang sebagian teks dari hasil pencarian yang kita cari.
D . Web Archiving
Definisi Web Archiving
Pengarsipan
web (Web Archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan
koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk
diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.
Cara Kerja Web Archiving
Yang
paling umum web pengarsipan teknik menggunakan web crawler untuk
mengotomatisasi proses pengumpulan halaman web. Web crawler biasanya mengakses
halaman web dengan cara yang sama dengan yang dilakukan user yang menggunakan
web browser untuk menemukan website yang ingin dicari.
Contoh-contoh Web Archiving :
• Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk Membangun, Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri
• Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Gratis Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar dari sebuah website tertentu. Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.
• Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web yang khusus untuk agensi pemerintahan, organisasi Finansial, brand heritage dll.
Contoh-contoh Web Archiving :
• Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk Membangun, Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri
• Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Gratis Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar dari sebuah website tertentu. Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.
• Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web yang khusus untuk agensi pemerintahan, organisasi Finansial, brand heritage dll.
4. Ekonomi Web
A.
Auctioning dalam pencarian dan online auctions
Online Auction adalah mekanisme pasar online dimana
penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan
secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Di Online Auction ini, mereka
menggunakan teknologi informasi yang tidak dibatasi oleh jarak dan waktu.
Didalam
Online Auction, menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah
berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu. Ada 4
kategori utama dynamic pricing, yaitu:
1. Satu pembeli, satu penjual
2. Satu penjual, banyak pembeli
potensial
3. Satu pembeli, banyak penjual
potensial
4. Banyak penjual, banyak pembeli
Manfaat dari online auction dibagi menjadi 3 bagian,
yaitu:
1. Manfaat bagi penjual
• Meningkatkan pendapatan dengan
memperluas pasar dan mempersingkat waktu.
• Menetapkan harga optimal yang
ditentukan oleh pasar.
• Meningkatkan hubungan dan loyalitas
pelanggan.
2. Manfaat bagi pembeli
• Kesempatan untuk menemukan barang
unik.
• Hiburan bagi pembeli
• Pembeli bisa menawar dari manapun,
bahkan dengan telepon selular.
3. Manfaat bagi auctioner
• Pembelian yang lebih tinggi.
• Pembeli cenderung untuk berkunjung
lebih lama dan kembali lebih sering.
• Ekspansi bisnis lelang.
Kekurangannya :
· Kemungkinan adanya kecurangan,
· Serta terbatasnya partisipan.
B. Iklan
Iklan didefinisikan sebagai ”Pesan yang menawarkan
suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat media”. Pada dasarnya,
satu-satunya tujuan periklanan adalah menjual suatu produk, jasa atau ide atau
tujuan sebenarnya adalah komunikasi yang efektif, yakni dimana efek akhir
periklanan adalah mengubah sikap atau perilaku penerima pesan.
Dalam periklanan, pesan yang
disampaikan secara cepat kepada konsumen atau khalayak yang luas dan tersebar,
dimana pesan yang disampaikan melalui media elektronik (radio, TV) dan media
cetak (surat kabar, majalah), karena media faktanya muncul untuk meyakinkan
tingkah laku, nilai dan maksud pengirim adalah kepentingan lebih besar dari
pada penerima. Dalam komunikasi massa, komunikasi yang terjadi adalah satu arah, dalam hal
ini dari produsen ke konsumen. Produsen atau pengiklan seringkali merubah
paradigma lama dan menepatkan calon konsumen kedalam subjek, bukan objek,
padahal sebenarnya iklan di buat untuk kepentingan produsen, namun seolah-olah
dibalik bahwa iklan itu dibuat untuk kepentingan konsumen.
Iklan
sebaiknya dirancang untuk mencapai sasaran spesifik dari perusahaan, walaupun
tujuan akhir dari program periklanan adalah untuk mendorong terjadi keputusan
pembelian oleh konsumen. Sasaran periklanan bisa ditentukan
berdasarkan klarifikasi apakah tujuan periklanan bermaksud menginformasikan,
membujuk atau mengingatkan saja.
Iklan
informatif. Ini berarti perusahaan harus merancang iklan sedemikian rupa agar
hal-hal penting mengenai produk bisa disampaikan dalam pesan iklan. Iklan yang
menonjolkan aspek manfaat produk biasanya dikategorikan sebagai iklan yang
bersifat informatif.
Iklan
membujuk.
Periklanan ini biasanya membujuk konsumen dan berperan penting bagi perusahaan
dengan tingkat persaingan tinggi. Dimana Perusahaan mencoba menyakinkan
konsumen bahwa merek yang ditawarkan adalah pilihan yang tepat. Iklan yang
membujuk biasanya dituangkan dalam pesan-pesan iklan perbandingan.
Perusahaan berusaha membandingkan kelebihan produk yang ditawarkan dengan
produk lain yang sejenis.
Iklan
mengingatkan. Biasanya iklan mengingat digunakan untuk mengingatkan
produk-produk yang sudah mapan. Banyak produk-produk yang dulu mapan dan
menguasai pasar kini hilang karena tidak adanya iklan yang bersifat
mengingatkan.
Penjualan
Online
Penjualan
Online adalah segala kegiatan (bisnis/urusan/kepentingan) yang menggunakan
fasilitas internet untuk mencapai tujuan (keuntungan/profit)
Menurut situs wikipedia.org, Bisnis online dikenal dan digambarkan sebagai Perdagangan elektronik.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis
Menurut situs wikipedia.org, Bisnis online dikenal dan digambarkan sebagai Perdagangan elektronik.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis
Kekurangan
dan kelebihan penjualan online
Kelebihan
Jual beli Online diantaranya adalah dibawah ini :
- Stok
barang secukupnya/seadanya yang dijual.
-
Penjualan tak terbatas mendunia.
- Bisnis
bisa diawali dengan modal kecil.
- Produk
dapat dilihat Full time 24 jam kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun.
- Hemat
waktu karena trsansaksi bisa dalam rumah.
- Bisa
menjual dengan lebih murah karena tidak ada biaya tambahan (gaji, sewa toko)
-
Fasilitas sederhana tapi melengkapi.
- Tidak
perlu gaji karyawan dan sewa toko.
hemat
biaya.
-
Efisien.
Kekurangan
Jual beli online adalah beberapa seperti dibawah ini :
- Pembeli
hanya bisa lihat produk lewat gambar/video.
- Kadang pembeli merasa
kecewa karena barang tidak seperti yang diinginkan (warna/kualitas berbeda)
- Bahaya
penipuan pada pembeli karena barang sudah dibeli tapi tak sampai tujuan.
- Kondisi
barang yg rusak sampai tujuan karena kesalahan pihak kurir.
-
Membutuhkan waktu untuk mengirim.
Tips
untuk menjalankan penjualan online
1)Berikan
informasi mendetail tentang produk yang anda jual sedetail
mungkin
2)Tampilkan
beberapa Foto Produk dari berbagai sudut yang dapat anda
ambil & lakukan secara professional
3)Deskripsi
produk harus yang menyentuh perasaan konsumen untuk ingin memiliki produk
tersebut
4)Biarkan
konsumen anda saling menjual satu sama lain. Inilah kekuatan memiliki Website
anda sendiri
5)Lakukan
Cross Selling, maksudnya tawarkan produk yg berkatian dengan produk
yg di beli konsumen anda
6)Lakukan
Promosi Diskon hanya hari ini untuk produk tertentu dgn waktu & Jumlah
Terbatas
Sumber :
http://tukang-buat-blog.blogspot.com/2013/03/kebijakan-konten-dan-perilaku-pengguna.html
http://aisyahasmoro.blogspot.com/2013/06/web-dan-perilaku-pengguna-imk-web-dan.html
http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-iklan-definisi-adalah.html
http://www.webstoreid.com/blog/details/tips-meningkatkan-penjualan-Toko-Online/
http://clickforgamers.blogspot.com/2013/04/pengukuran-web-crawler-search-engine.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar